Contoh naskah /skenario Konseling ( BALITA )



NAMA        : ANDI ASWINDA
NIM     : PO.71.3.211.12.1.007


http://2.bp.blogspot.com/-8CX0VGf2qSY/Tn9BrHCSpAI/AAAAAAAAAFQ/tRMA3mElv8Y/s400/komunikasi11.gif
KOMUNIKASI DAN KONSULTASI :
TOPIK ( BALITA )
Ibu Irma berusia 24 tahun datang ke puskesmas dengan membawa anaknya yang berusia  2 tahun dengan keluhan utama anaknya yang sangat susah makan sehingga berat badannya semakin menurun , sehingga untuk mengatasi masalahnya ibu Irma datang ke puskemas untuk berkonsultasi dengan petugas kesehatan ( Bidan ).


P          : Assalamu alaikum , pagi ibu bidan !
PK        : Waalaikum salam , pagi ibu masukki ibu..
P          : Iye’ ibu..
PK        : dudukki ibu’ apa yang bisa saya bantu ibu ?
             hmm...oh ya ibu perkenalkan saya bidan Andin yang bertugas di puskesmas ini dari jam 7
            pagi sampai jam 2 siang , apa yang bisa saya bantu ibu ?
P          : Iye’ begini ibu bidan  , ini anak saya  susah sekali disuruh makan ibu bidan baru sekalinya makan ibu’ tidak mau lagi makan sayur sama ikan , baru makannya sedikit sekali ibu , saya jadi khawatir nantin kena kurang gizi ibu bidan .
PK        : Oh...begitu ibu , sebelumnya ibu boleh saya tau nama ibu dan berapa umur ibu ?
P          : nama saya Irma ibu 24 tahun
PK        : Oh..iye’ ibu kalau anaknya ibu siapa namanya dan berapa usianya ?
P          : Ekha ibu , 2 tahunmi ibu.
PK        : oh..maaf ibu tapi bisa tidak ceritaki tentang anggota keluarganya ibu yang lain ?
P          : oh..iye’ ibu bidan suami saya punya suami namanya ihksan ibu 28 tahunmi umurnya kebetulan dosen di salah satu universitas di Makassar , saya sendiri punya usaha toko baju dekat rumah ibu bidan terus saya punya 2 anak yang tua namanya Ishar sudah kelas 2 SD ibu nah ini yang bungsu Ekha namanya ibu 2 tahun umurnya. Terus kami tinggal di perumahan dekat sini ibu bidan
PK        : hmm...begitu yah bu’ tadikan ibu bilang anaknya ibu susah makan atau kurang nafsu makan terus pilih-pilih makanan , kalau boleh saya tau bagaimana ceritanya sejak kapan ibu si adek begitu ??
P          : kalau saya tidak salah perkirakan sejak beberapa bulan lalu ibu , awalnya ibu anak saya cuman susah disuruh makan siang ibu apalagi kalau keasyikanmi main terus, tapi kalau sudah lelahmi bermain lansungmi tidur kalau malam ibu jadi tidak sempat lagi makan . saya sudah usaha bujuk sampai saya paksa ibu kalau tidak mau makan.
PK        : Hmm... begitu yah bu’ kalau boleh tau , memangnya Ekha sering main apa ibu ? terus mainnya dimana ibu ?
P          : di halaman  rumah ibu , atau paling ditetangga sama anaknya tetangga ibu , kalau dihalaman rumah bu’ paling main masak-masak , boneka-boneka tapi kalau dirumah tetangga kurang tau’mi bu’ bidan karena kalau saya sudah sibuk ditoko atau bersih-bersih rumah tidak saya perhatikanmi ibu , tapi kadang saya liat main tanah . atau main becek-becek ibu.
PK        : Oh.. begitu ibu. Hmm..bagaimana kondisi kesehatan anaknya ibu belakangan ini ? terus berapa terakhir timbangannya anaknya ibu ?
P          :Oh.. pernah sakit  ibu , sakit perut terus mual-mual baru muntah-muntah terus gatal katanya lubang pantatnya ibu. Terakhir saya timbang ibu 6,9 ji beratnya ibu
PK          : Hmm..begitu ibu ,termasuk rendah yah bu’ jadi dari cerita ibu saya simpulkan sepertinya anak ibu terkena penyakit cacingan , jadi ibu itu penyakit cacingan ibu disebabkan karena kurangnya kesadaran akan kebersihan baik terhadap diri sendiri ataupun terhadap lingkungannya.itu penyakit Cacingan dapat menular melalui telur yang tertelan dan masuk ke dalam tubuh si anak melalui makanan baik yang terinveksi bakteri atau mungkin belum matang (mentah ) atau saat menyentuh tanah yang kotor atau becek
P            : oh.. begitu ibu , jadi apa yang harus saya lakukan ibu bidan ?
PK          : saya sarankan jagaki kebersihan sekitar rumah ibu , terutama kamar mandi dan dapur ibu , terus biasakan mencuci tangan sebelum dan setelah makan ibu , memilih makanan yang bersih dan memasak makanan sampai betul-betul matang dan rutin memotong kuku juga tidak lupa nasehati anak ibu agar Memakai sandal atau sepatu ketika bermain di tanah , dan buanglah kotoran hewan peliharan jika ada pada tempat yang aman dan tidak mencemari lingkungan.
P            : oh..begitu yah ibu bidan
Pk           : oh..yah ibu selain itu Anak di atas 6 bulan dapat diberikan obat cacing jika memang diperlukan ibu , ini untuk mengobati cacingan pada anak ibu sehingga selain menyembuhkan juga bisa mengembalikan nafsu makan si anak , selain itu biaski juga kasi obat penambah nafsu makan ibu terus perhatikan  jadwal makan , serta kalau bisaki juga buatkan makanan dengan bentuk-bentuk lucu sehingga bisa memunculkan minat anak untuk memakan makananya ibu.
 P           : Hmm.. kalau begitu saya akan coba terapkan pada kehidupan keluarga saya ibu bidan , oh..yah makasih nah ibu bidan atas saran-sarannya
PK          :Iye’ sama –sama ibu sudah tugas saya membantu
P            : Kalau begitu ibu saya permisi dulu yah
PK          :Oh iye’ ibu hati-hatiki ibu dijalan , kalau ada lagi keluhannya jangan ragu-ragu untuk datang lagi yah ibu ?
P            : Oh tentu ibu bidan , kalau begitu saya pamit , Assalamu alaikum wr.wb
PK          : iye’ ibu, waalaikum salam wr.wb