Cara Cepat Obati Sariawan Dengan Bahan Alami

Sariawan

Cara Cepat Obati Sariawan dengan Bahan Alami. sariawan atau stomatitis adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi. 

Adapun beberapa gejala sariawan yang umum terjadi antara lain seperti Rasa yang tidak nyaman pada bagian mulut. Munculnya luka-luka kecil berwarna putih pada bagian dinding mulut dan juga bibir, bahkan sebagian kasus ada juga yang muncul di bagian lidah. Merasakan sakit saat menelan makanan atau minuman. Hingga merasa sensasi terbakar seperti panas dan pedih pada bagian lidah. Selain karena kekurangan vitamin C dan juga karena infeksi bakteri, sariawan juga disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti kurangnya menjaga kebersihan pada mulut, penggunaan obat-obatan keras, sistem imun tubuh yang menurun, hingga karena penggunaan gigi palsu.
Berikut Obat Sariawan Tradisional dari Bahan Alami :

1. Mengobati Sariawan Dengan Garam . 
Cara mengobati sariawan secara alami diketahui salah satunya yakni menggunakan garam dapur. Selain menjadi bumbu masak, ternyata garam dapur juga memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan sariawan. Dan berikut ini adalah cara mengobati sariawan dengan garam yang mudah dan cepat.

Baca Juga Artikel menarik berikut:
Langkah pertama adalah menyiapkan 1 gelas air hangat dan 1 sendok teh garam. Larutkan garam dan aduk hingga semuanya bercampur rata. Setelah itu, gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur dan fokuskan pada bagian yang terdapat banyak sariawan. 

2. Kunyit. 
Kunyit merupakan obat sariawan tradisional alami yang terbukti sangat efektif untuk mengatasi sariawan di mulit dan menyembuhkan luka yang diakibatkan sariawan dengan cepat. Hanya dengan mengoleskan kunyit halus yang sudah dicampurkan dengan gliserin pada sariawan, maka sariawan Anda akan sembuh dengan cepat. Anda bisa melakukan perawatan ini beberapa kali sampai sariawan Anda benar-benar sembuh. 
Selain untuk mengobati penyakit sariawan Kunyit juga dat digunakan untuk memutihkan  kulit. Baca Juga : Cara Alami memutihkan Kulit

3. Tomat
Tomat sudah terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, dan kandungan vitamin C yang terdapat dalam tomat inilah yang mampu menyembuhkan sariawan dengan cepat. Iris tipis tomat segar, kemudian tempelkan pada luka sariawan yang terdapat pada mulut atau di lidah Anda, atau bisa juga dengan mengkonsumsinya secara langsung. 

4. Air Kelapa
Mungkin tidak banyak yang menyadari apabila air kelapa juga bisa dijadikan obat alami untuk mengobati sariawan di lidah. Air kelapa memiliki kandungan alami yang berfungsi dengan baik untuk mengobati sariawan yang terdapat di lidah, caranya hanya dengan berkumur atau meminumbya maka sariawan Anda dapat sembuh dengan cepat. 

5. Kulit Manggis
Kulit manggis sudah terkenal sebagai obat herbal yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, karena kulit manggis mempunyai fungsi yang sangat baik untuk mengurangi radikal bebas dan juga inflamasi. Sebagai Obat sariawan, Anda hanya perlu menyiapkan 2 buah kulit manggis yang sudah dicuci bersih serta dipotong-potong, lalu rebus kulit manggis bersama 3 gelas air sampai hanya tersisa setengahnya saja, kemudaian saring air rebusan tersebut untuk dimanfaatkan sebagai obat kumur-kumur.

6. Jambu Air
Selain memiliki rasa yang segar, jambu air ternyata juga bisa digunakan sebagai obat sariawan tradisional alami yang efektif untuk mengatasi sariawan yang mengganggu. Caranya cukup dengan mengupas jambu air untuk diambil bagian kulitnya saja, kemudian dihaluskan dan dicampr dengan air matang secukupnya, kemudian peras. Anda bisa menggunakan air perasan tersebut sebagai obat kumur, lakukan beberapa kali sampai sariawan Anda benar-benar sembuh. 

Bahan-bahan alami untuk mengobati sariawan bisa Anda dapatkan dengan mudah di dapur rumah Anda, akan tetapi apabila Anda tidak memilikinya, Anda bisa membelinya dengan mudah di pasar tradisional ataupun supermarket.